Kekurangan Kalisium? Konsumsi Makanan Ini

Jika belakangan ini Anda susah mengingat atau memiliki rambut dan kuku rapuh. Keduanya bisa jadi merupakan gejala-gejala kekurangan kalsium, disebut juga dengan hipokalsemia, yang dapat berisiko menyebabkan penyakit yang lebih serius, seperti osteoporosis. Kekurangan kalsium juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti kram perut, kram otot, gangguan sistem saraf, dan kejang pada kaki serta tangan.

 

f:id:kagura-ryuzaki:20180815170313p:plain

Baca juga: Kalsium Untuk Kebutuhan Seks

 

Kalsium sangat diperlukan tubuh untuk membangun kekuatan tulang dan gigi, serta menstabilkan tekanan darah. Kurang konsumsi vitamin D, konsumsi obat-obatan tertentu, serta terlalu banyak mengonsumsi kalium, dapat membuat tubuh menjadi kekurangan kalsium. Seorang vegetarian, sayangnya lebih berisiko mengalami kekurangan kalsium karena kurang mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium.

Kebutuhan kalsium wanita pada usia dewasa muda lebih cepat meningkat dibandingkan pria. Agar tubuh terhindar dari kekurangan kalsium, pastikan kalsium selalu menjadi bagian dari menu makanan harian anda, berikut beberapa contoh panduan sumber kalsium dapat menjadi pilihan.

  • Salmon, sarden, edamame, roti gandum, telur, brokoli, susu, keju, yoghurt, jeruk, okra, dan tahu adalah contoh makanan sumber kalsium yang baik.
  • Sayuran berwarna hijau gelap, seperti bok choy, bayam, dan kale dapat diandalkan sebagai sumber kalsium. Sayuran ini juga kaya akan vitamin K untuk mengurangi risiko osteoporosis.
  • Susu nabati, kacang almond, dan kedelai dapat menjadi sumber kalsium nabati yang baik. Cek dulu label kemasan untuk menemukan kandungan kalsium yang diperlukan.
  • Buah kering, seperti kurma, dapat menjadi alternatif yang tidak membosankan agar tubuh tidak kekurangan kalsium.
  • Sereal yang diperkaya kalsium dapat menjadi pilihan menu sarapan yang dapat dipadukan dengan berbagai buah.
  • Pilih makanan bebas atau rendah lemak sebagai sumber kalsium untuk menghindari risiko penyakit jantung dan kolesterol tinggi.

Baca juga: Menambah Stamina Dengan Cara Alami

 

Tetapi jika Anda tidak terlalu suka mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan secara langsung, Anda masih dapat mengolahnya menjadi sajian menarik, seperti piza sayur dengan salmon, salad dengan taburan keju permesan, spageti, capcay, kroket, risol, dan sayur.