Empat Jenis Makana Yang Menyebabkan Jerawat

Jenis makanan penyebab jerawat umumnya adalah makanan yang dapat meningkatkan gula darah yang kemudian dapat memicu meningkatnya insulin. Dengan meningkatnya tingkatan insulin di dalam tubuh, maka produksi minyak di kulit akan meningkat, sehingga lebih rentan menyebabkan jerawat. Lalu apa saja makanan-makanan yang terkait dengan penyebab jerawat dan apa langkah yang sehat untuk menghindarinya?

 

 

f:id:kagura-ryuzaki:20180818110653p:plain

 

 

Jerawat adalah penyakit kulit yang biasa muncul di sekitar wajah, dada, atau punggung. Tingkatannya bisa bervariasi, mulai dari yang ringan seperti komedo hingga tingkatan yang lebih parah seperti bintik-bintik yang berisi kista dan nanah. Pada umumnya, jerawat disebabkan oleh perubahan kadar hormon, tapi ada juga sebagian makanan yang dapat menyebabkan jerawat lebih mudah muncul. Berikut ini adalah empat makanan yang sebaiknya Anda hindari demi menghindari timbulnya jerawat.

 

Baca juga: 

Penyembuhan Tulang Retak Berapa Lama

Penyembuhan Patah Tulang Aka Fraktur

Cara Mengobati Patah Tulang Kering Tanpa Operasi

Jamu Tradisional Patah Tulang Jari Tangan

Cara Mempercepat Penyembuhan Patah Tulang Pergelangan Kaki

 

  • Kripik Kentang

Kripik kentang ternyata memiliki indeks glikemik tinggi yang dapat memicu meningkatnya insulin dan glukosa dalam tubuh. Selain kripik kentang, kentang goreng, dan roti juga memiliki indeks glikemik yang tinggi yang sebaiknya Anda hindari.

  • Kue dan Soda

Makanan yang tinggi gula, seperti kue manis, soda, dan jus buah yang dicampurkan dengan susu dan gula dapat menimbulkan jerawat. Hal ini dikarenakan kandungan glukosa yang cukup tinggi dapat memicu insulin dan menyebabkan jerawat.

  • Makanan Olahan Susu

Susu, keju, dan makanan olahan susu sapi lainnya, meski kaya dengan kandungan kalsium, ternyata dapat menyebabkan jerawat jika dikonsumsi berlebihan. Hormon yang terdapat di dalamnya dapat menyebabkan kelenjar minyak terus berkembang dan menjadi pemicu timbulnya jerawat.

  • Makanan Berminyak

Makanan berlemak tinggi seperti makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko terkena jerawat. Sejauh ini banyak yang menganggap makanan pedas sebagai biang kerok jerawat, namun satu penelitian menunjukkan bahwa makanan pedas tidak berpengaruh pada jerawat. Justru makanan yang tinggi lemak dan garam yang berpengaruh pada munculnya jerawat.

 

Selain makanan di atas, banyak hal lainnya yang dapat menyebabkan jerawat. Contohnya akibat mengonsumsi obat-obatan tertentu, hormon tubuh, serta stres.