Mengenal Penyakit Sinusitis

Penyakit sinusitis adalah inflamasi atau peradangan pada dinding sinus. Sinus adalah rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Sinusitis termasuk penyakit umum yang bisa menjangkiti orang-orang pada segala umur.

 

f:id:kagura-ryuzaki:20180807114900j:plain

 

Beberapa tipe sinusitis berdasarkan lamanya perjalanan penyakit, antara lain adalah :

  • Sinusitis akut.
  • Sinusitis Subakut.
  • Sinusitis Kronis.
  • Sinusitis Kambuhan.

Gejala sinusitis secara umum adalah :

  • Sakit kepla
  • Demam dengan suhu 38°Celcius atau lebih
  • Hidung tersumbat atau keluar cairan kuning kehijauan
  • Nyeri pada bagian wajah dan terasa sakit ketika ditekan
  • Kehilangan indera penciuman
  • Napas berbau (halitosis)

Obat Ejakulasi Dini Sembuh Permanen

 

Letak Sinus Pada Bagian Tubuh Manusia
Sinus merupakan ruang-ruang kecil yang saling berhubungan melalui saluran udara di dalam tulang tengkorak. Rongga sinus membuka lubang pada hidung.Terdapat 4 pasang sinus di dalam kerangka kepala manusia yaitu di belakang dahi, di kedua sisi dari batang hidung, di belakang mata, serta di belakang tulang pipi.

Lendir atau mukus yang dihasilkan oleh sinus berfungsi membantu mengendalikan suhu dan kelembapan udara yang masuk ke paru-paru. Lendir ini mengalir ke hidung melalui saluran-saluran kecil. Saluran ini bisa terhalang jika sinus terinfeksi atau mengalami peradangan.

 

Penyebab Utama dan Faktor Pemicu Kemunculan Sinusitis
Pada orang dewasa, penyebab sinusitis secara umum adalah karena pembengkakan dinding dalam hidung. Kondisi ini sering kali disebabkan oleh virus flu atau pilek yang disebarkan sinus dari saluran pernapasan atas. Faktor pemicu sinusitis pada orang dewasa selain infeksi virus adalah infeksi jamur, infeksi gigi, serta kebiasaan merokok. Biasanya setelah terjadi pilek atau flu, infeksi bakteri sekunder bisa terjadi. Ini akan menyebabkan dinding dari sinus mengalami peradangan atau inflamasi.

Sedangkan pada anak-anak sinusitis disebabkan oleh alergi, tertular penyakit dari anak-anak lain di sekitarnya, kebiasaan menggunakan dot ataupun minum dari botol dalam keadaan berbaring, dan tinggal di lingkungan yang penuh asap.

 

Langkah-langkah Mendiagnosis Sinusitis
Langkah-langkah diagnosis sinusitis bisa dilakukan oleh dokter dengan melihat gejala yang terjadi, misalnya hidung tersumbat atau beringus dengan rasa nyeri pada wajah. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik pada hidung pasien. Jika sinusitis yang diderita sudah parah atau muncul kembali, Anda disarankan untuk menemui dokter spesialis THT (telinga, hidung, tenggorokan). Dokter spesialis ini akan mencoba mencari penyebab utama dari sinusitis yang terjadi. CT scan juga bisa digunakan untuk mencari tahu penyebab sinusitis.

 

Obat Ejakulasi Dini Sembuh Permanen

 

Obat-obatan Untuk Mengatasi Sinusitis
Penderita sinusitis kebanyakan tidak perlu menemui dokter, karena kasus yang disebabkan virus akan hilang dengan sendirinya. Sinusitis butuh waktu sekitar dua hingga tiga minggu untuk sembuh sepenuhnya. Kondisi ini lebih lama dibandingkan pilek. Jika Anda menderita sinusitis ringan, obat-obatan pereda rasa sakit dan dekongestan akan membantu mengurangi gejala yang timbul.

Periksakan pada dokter jika gejala tidak membaik setelah seminggu memulai pengobatan, kondisi makin memburuk atau terus-menerus kembali. Dalam kasus seperti ini, antibiotik dan steroid semprot atau tetes mungkin akan diresepkan oleh dokter.

Sedangkan pada kasus sinusitis yang parah, ada kemungkinan dibutuhkan operasi untuk meningkatkan fungsi sinus dan juga fungsi drainase-nya. Operasi hanya disarankan jika pengobatan sinusitis lainnya gagal memberikan hasil.

 

Penyakit-penyakit yang Bisa Muncul Akibat Komplikasi Sinusitis

  • Penderita sinusis akut yang tidak diobati dengan benar akan mengalami komplikasi, yaitu sinusitis kronis.
  • Bila sinusitis kronis tidak juga ditangani dengan baik, maka juga akan terjadi komplikasi antara lain:
  • Jika infeksi menyebar ke dinding otak, bisa menyebabkan meningitis.
  • Kerusakan indera penciuman sebagian atau seluruhnya.
  • Masalah dalam penglihatan. Penglihatan berkurang atau bahkan buta.
  • Memicu munculnya infeksi kulit atau tulang.